Cara merawat kulit wajah berbeda dengan merawat kulit bagian tubuh lainnya karena tingkat terkena polusi di bagian wajah lebih tinggi daripada kulit tubuh di tempat lain yang tertutup.

Selain itu kulit wajah juga memiliki banyak kelenjar lemak (kelenjar sebasea) yang menghasilkan asam lemak bernama sebum dan kelenjar keringat. Sehingga jika cuaca panas, keadaan panik atau terlalu lelah, kulit wajah akan mudah berminyak, berkeringat, lengket dan kotor.

Hal ini disebabkan adanya hubungan stres fisik dan kejiwaan dengan peningkatan produksi keringat dan sebum (asam lemak) pada kedua jenis kelenjar tersebut.

Kosmetika rias yang tidak dibersihkan juga akan menjadi polusi bersama keringat dan debu yang menempel di wajah. Perpaduannya kemudian berkembang biak menjadi Propionibacterium acnes yang akan mengubah lemak sebum dari bentuk cair menjadi lebih padat, sehingga mudah menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

Di bawah ini adalah empat faktor utama penyebab timbulnya jerawat:

1. Adanya sumbatan di pori-pori kulit oleh sebum yang berubah menjadi padat

2. Peningkatan produksi sebum akibat pengaruh hormonal, kondisi fisik, dan prikologis. Jika disertai sumbatan di muara kelenjar sebasea, aliran keluar sebum akan terbendung.

3. Peningkatan populasi dan aktivitas Propionibacteri acnes karena bakteri ini terdapat di bawah muara kelenjar sebasea dan suka makan lemak sebum.

4. Reaksi radang akibat serbuan sel darah putih ke sekitar kelenjar sebasea yang sudah mengalami bendungan dan akhirnya pecah. Isi lemak sebum tumpah ruah ke dalam jaringan kulit jangat atau dermis, dan dianggap benda asing sehingga memancing serbuan sel darah putih ke tempat tersebut.

Bagaimana jerawat dapat dicegah? Di bawah ini adalah prinsip mini agar jerawat tidak mengganggu:

1. Bersihkan muka dari kosmetik sebelum tidur

2. Hindari makanan manis dan berminyak

3. Perhatikan gizi agar seimbang, konsumsi cukup vitamin C dan Vitamin E

4. Hindari penggunaan kosmetik yang berminyak

5. Berikan kulit perlindungan dari sinar matahari terutama pada musim panas

6. Jangan begadang

7. Jangan biarkan kotoran dan debu tinggal di permukaan kulit

8. Bersihkan dan rawat kulit wajah dengan tuntas

Apakah kamu masih tidak berdaya menghadapi jerawat di wajahmu yang bikin pusing? Simak kelanjutannya di ‘Tips Menuntaskan Jerawat’, minggu depan. (kpl/rit)

sumber : (kapanlagi.com)